Saving or Investing, Which one better?

Saving or Investing, Which one better?

By : Nissa Ghulma Ratnasari

Dalam benak ini, masih saja diliputi tanda tanya besar. Apa benar ada perbedaan signifikan antara kedua hal ini? Sebenarnya hanya segelintir orang saja yang faham secara etimologis dan filosofis kedua kata ini. Karena bagi mereka sama saja, kedua hal ini merepresentasikan arti bahwa“mereka menyisihkan sebagian pendapatan mereka untuk dicadangkan sebagai dana cadangan Mari dikaji bersama.

Saving. (Tabungan):  Ketika seseorang menabung biasanya mereka hanya menyisihkan separuh dari penghasilan mereka. Besarnya tentatif dan bervariasi tergantung kebijakan dari setiap keluarga terutama manajer keuangan. Ya, peran penting , ini biasanya dipegang oleh seorang istri sebaga pengelola finansial. Tetapi, sayangnya bukanlah porsi tertentu yang mereka anggarkan untuk tabungan. Karena hanya sisa-sisa perjuangan dari “asap dapur” sajalah yang masuk ke bank sebagai tabungan. Sistem seperti ini terus-menerus dilakukan hingga menahun dan dengan hanya porsi yang kecil untuk tabungan. Pertanyaannya, apakah tabungan yang jumlahnya  tidak signifikan ditambah bagi hasil atau bunga yang hanya kisaran 4-6%? apakah mampu meredam inflasi yang merangkak naik hingga 10%.? Apakah tabungan yang tak seberapa itu mampu memprediksi kenaikan dana pendidikan anak kita nanti yang besarnya hingga ratusan kali lipat?

Jadi, menabung bukanlah  cara yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan finansial kita. Tabungan bukanlah cara yang benar untuk meningkatkan kemampuan (kekayaan) kita. Mengapa?  Hanya ada satu jawaban. Karena didalam tabungan terdapat banyak ketidak jelasan mengenai hal-hal sebagai berikut:

  1. Tujuan atau kebutuhan secara spesifik, misalnya untuk pendidikan anak, memiliki rumah, atau persiapan pensiun
  2. Seberapa besar dana yang akan dibutuhkan
  3. Kapan kebutuhan itu diperlukan dan jangka waktu (berapa lama) untuk mencapai waktu tersebut untuk tujuan dimaksud
  4. Pilihan/alternatif investasi yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut
  5. Strategi mencapai tujuan tersebut.

Investasi. Jadi, mulai detik ini. mulailah untuk merubah gaya keuangan anda dari menabung menjadi berinvestasi. Sebab berinvestasi adalah suatu proses menabung yang berorientasi pada tujuan tertentu dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Jadi, upaya menabung yang Anda lakukan menjadi lebih visioner dan jelas arahnya.

  1. Pertanyaan pertama, “Apa saja bentuk implementasi dari tabungan itu? Asuransikah? Reksadanakah? Obligasikah? Usaha riilkah?“
  2. Pertanyaan kedua, “Berapa besar tabungan itu dan apakah dana kita mencukupi untuk mencapai investasi yang diinginkan?”
  3. Pertanyaan ketiga. “Kapan kebutuhan financial masa depan keluargaku? Sehingga investasi tersebut optimal dan tepat guna serta jadi solusi penyelesaian masalah keuangan keluarga.

Berbeda bukan antara menabung dan berinvestasi?? Sekarang Anda sudah temukan perbedaanya

Leave a Reply

Close Menu