Bagaimana Melakukan Perencanaan Keuangan?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjalankan financial check up. Seperti juga kesehatan, maka kita perlu mengetahui berapa banyak sih harta yang kita miliki? Sebenarnya sebagai seorang muslim sudah tentu hal ini harus dilakukan setiap tahun. Karena setiap muslim wajib hukumnya untuk membayar zakat harta. Ingat ya, zakat harta, bukan cuma zakat penghasilan.

Kembali ke aktivitas perencanaan keuangan, tahap berikutnya adalah menetapkan tujuan keuangan. Tujuan ini sangat vital, karena tanpa tujuan yang jelas, akan sulit bagi kita untuk melakukan perencanaan. Tujuan keuangan yang dimaksud adalah keinginan-keinginan yang harus dibiayai. Misalnya, ingin berlibur, ingin menyekolahkan anak, ingin pension sejahtera dll. Kemudian berikutnya kita harus membuat rencana keuangannya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Rencana ini harus jelas dan lengkap.

Tahap keempat adalah melaksanakan rencana-rencana tersebut. Terakhir merupakan kegiatan monitoring terhadap rencana yang telah dibuat, apakah dilaksanakan dan berhasil. Jika tidak tindakan apa  yang harus dilakukan. Begitu seterusnya, cara melakukan perencanaan keuangan.

Adapun struktur perencanaan keuangan keluarga berdasarkan prioritas adalah :

  1. Cek dan lunasi hutang konsumtif
  2. Cashflow harus positif
  3. Bentuk dana darurat
  4. Beli Asuransi
  5. Susun tujuan keuangan
  6. Susun investasi sesuai tujuan keuangan

Dari keenam struktur perencanaan keuangan diatas, urutannya sangat penting. Mulailah dengan urutan pertama, Jangan pernah berinvestasi jika masih memiliki hutang. Jangan dibalik dengan ingin melunasi hutang dengan melakukan investasi yang memberikan hasil besar. Hal itu berisiko sangat besar bagi diri atau keluarga anda. Bagaimana jika investasi yang dilakukan gagal?

Nah pertanyaannya adalah sudahkan anda melakukan perencanaan keuangan keluarga anda secara benar? Buatlah perencanaan keuangan keluarga anda mulai dengan melakukan financial check up.

Mumpung bulan Ramadhan, bukankah sebentar lagi anda harus menghitung berapa besar zakat harta harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Close Menu